"udah nih mas ga ada data yang mesti diisi lagi..?" tanya gw ke penjaga kasir minimarket di salah satu stasiun yang ada di Jakarta.
mas-mas itu menjawab menenangkan"iya udah selesai kok mba, sebentar ya saya print"
"oke"
tiba-tiba suara yang keluar dari kerongkongan plus ekspresi muka mas-mas itu bikin gw was-was
"aduh, ini kayanya jam 11 malem deh mba.."
"masa sih mas?" gw memajukan kepala untuk melirik layar komputer yang sedang dipelototin mas-mas itu.
sambil menghela napas dan pelan-pelan memundurkan kepala, gw nanya lagi buat sekedar memastikan "keterkejutan" yang dialami mas-mas tadi "disana ditulisnya jadwal kedatangannya jam berapa mas..?"
"jam 13.51 mba"
hening sejenak..
"jadi dari Jakarta ke Cirebon saya mesti duduk seharian di kereta ya mas..?"
sebenernya pertanyaan tadi lebih tepat dijadiin pernyataan yang sedikit menyindir, maksudnya biar si mas-masnya "engeh" kalimat pernyataan itu dikeluarin buat nunjukin apa. Tapi tanpa diduga jawaban mas-mas itu justru bikin jengah "iya mba seharian di kereta" dengan nada prihatin dan ekspresi super serius. gw jadi ikutan prihatin..
hati ini bilang "ini masnya beneran ga ngeh atau serius ga ngerti ya..?"
tadinya gw mau marah, marah karena daritadi menemukan kendala-kendala yang sebenernya ga perlu ada..
gw juga ga tahan buat ketawa, ketawa karena "keprofesionalan" mereka yang malah bikin semuanya tidak profesional..
tapi akhirnya gw putusin buat sabar, mencoba memaklumi keletihan mereka setelah setengah hari melayani konsumen dibalik mesin yang mereka pandangi..
pelan-pelan gw jelasin "mas, jam 11.00 tuh maksudnya jam 11 siang..kalo malem tulisannya pasti jam 23.00"
mengangguk tanda mulai mengerti mas-mas itu menjawab "iya mba, berarti sampenya jam 1 malem.."
twew...wew..krik-krik..krik-krik.
okeh pemakluman mulai sedikit teruji, masih dengan nada yang dipaksa untuk pelan gw menjelaskan lagi "bukan mas..13.51 tuh maksudnya jam 1 siang lewat 51 menit. hampir jam 2 siang lah. jadi bukan seharian di kereta, cuma 3 jam aja kok di keretanya" mulai bingung sama siapa yang sebenernya mau jadi pemesan tiket.
"oh gitu mba..mba jadi kan pesen tiketnya..?"
"jadi dong.."
"kereta cirek keberangkatan dari stasiun ****** jam 11.00 dan tiba di stasiun ******* jam 13.51, sebentar di print ya mba.."
"iya mas.." antara mau senyum sama mau ketawa, suara dalem hati nambahin "daritadi juga harusnya udah selesai di print.."
akhirnya segala proses pemesanan tiket selesai "struk ditukar paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan ya mba.." konfirmasi mas-masnya sambil menyerahkan struk pemesanan ke gw..
"kalo saya mau tuker sekarang aja bisa ga ya mas..?"
"bisa kok mba"
"kemana?"
"ke loket selatan"
ah loket itu lagi..gw berjalan keluar dengan gontai sambil menarik napas panjang..
####
lo pasti bingung deh apa maksud celotehan gw kali ini fil..
itu potongan adegan gw waktu mesen tiket di salah satu minimarket yang ada di stasiun ****** kemarin.
lagi di stasiun kok beli tiketnya malah di minimarket yang ada di stasiun..?
jadi gini cerita lengkapnya..
hari minggu kemarin 28 April 2013 sepupu gw dateng dari Cirebon dengan alesan mau refreshing setelah pusing UN dan segala tes-tes universitas.
sepupu gw yang unyu-unyu itu dengan unyunya merencanakan untuk nginep satu malem disini (red: rumah ortu gw, fyi: iya, gw belum punya rumah sendiri masih numpang dibawah perlindungan ayah dan bunda..^^).
sebenernya ga ada yang salah dengan rencana dia nginep, tapi waktu untuk nginep dan kegiatan selama nginep itu yang tergolong ekstrim.
dia datang minggu siang, mau ke dufan senin pagi, dan mau pulang ke cirebon jam 6 sore dihari yang sama dengan hari dia ke dufan. tiket pulangnya udah ada di tangan pula. semaput ga tuh..??
kalo doi ke jakarta mau kunjungan ke kota tua, atau sekedar wisata hangout di mall-mall mungkin rencana tersebut ga bakal bermasalah, tapi ini ke dufan..
dia ga tau ke dufan di saat sebagian anak sekolah libur karena selesai UN dan saat ada diskon ampun-ampunan penuhnya kaya apa..
paling ga kalo ga kepikiran dufannya, pikirin lah macet jakartanya apalagi di awal minggu kaya hari senin..
kereta jam 6 sore, mau dari dufan jam berapa..? jam 3? jam 4? ke dufan mau naik wahana atau cuma mau foto-foto yaaa??hehehehehe
setelah mengalami ledekan panjang, rencana tersebut berhasil dimodifikasi pada minggu sore menjelang magrib. modifikasinya adalah..sepupu gw yang unyu-unyu itu pulang ke cirebon hari berikutnya aja, yaitu selasa..
syarat pembatalan tiket yang tertera di tiketnya menyebutkan pembatalan harus dilakukan paling lambat 30 menit sebelum keberangkatan, sedangkan untuk perubahan jadwal harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam sebelum keberangkatan. dan masing-masing kena potongan sebesar 25% dari harga di tiket.
karena hari sudah mau malam, dan senin mereka (sepupu dan ade gw) mau ke dufan, jadilah gw yang secara sukarela menawarkan diri untuk membatalkan tiket plus mereservasi ulang tiket..(iya gw ga punya uang buat ikut ke dufan)
besoknya setelah sampe di salah satu stasiun, gw langsung berjalan menuju loket terdekat yang ternyata adalah LOKET SELATAN. Tepat, karena memang disanalah tempat pembatalan tiket kereta api..
"mba saya mau batalin tiket kereta" berusaha memperlihatkan muka ayu gw di lubang percakapan jendela loket.
"isi formulirnya dulu ya mba.."
"kalau ubah jadwal udah ga bisa ya mba" masih ngarep barangkali bisa sekalian..
mba-mba penjaga loketnya mempelajari tiket, beberapa detik kemudian "wah ga bisa mba, udah lewat 24 jam. paling bisanya batalin aja..cuma batalin uangnya ga bisa cash"
"maksudnya gimana mba..?"
"iya mesti nunggu 30 hari dulu, mbanya pilih mau ngambil di stasiun atau mau di transfer ke rekening aja.."
"oh gitu, sebentar saya isi dulu formulirnya ya mba.."
gw yang cuma bawa fotocopy KTP dalam pertempuran tiket ini mulai kebingungan. masalahnya yang di tanya formulir bukan nomor KTP melainkan nomor rekening, no rekening siapakah yang mesti gw tulis..? sedangkan tidak ada satupun no rekening yang nyangkut di ingatan gw yang cemerlang ini..hehehehehe
yah apa boleh buat, harus merelakan pulsa untuk menelepon mereka yang sedang bertamasya itu.. (iya gw emang pelit!).
setelah berkali-kali mencoba ga ada satupun yang sempet angkat telpon penting gw, nelpon ibu menjadi alternatif gw..
dalam percakapan yang diburu-buru tersebut gw menjelaskan detail-detail kejadian dan menyebutkan data apasaja yg dibutuhkan.
beberapa menit kemudian, formulir berhasil gw isi! saatnya menyerahkan formulir ke mba-mba loket di belakang meja komputer tadi..
eh tapi giliran gw terpaksa mundur karena lamanya waktu yang digunakan untuk mengisi formulir tadi.
ya udah ga apa-apa ngalah..toh cuma 2 orang ini yang bikin gw mundur..
orang pertama yang selanjutnya kita sebut op
mba-mba loket yang selanjutnya kita sebut balok
balok: pak mohon maaf sistem onlinenya sedang rusak, jadi pengambilan uang cuma bisa diambil di stasiun
op: jadi gimana mba
balok: bapa ambil disini tanggal 29 Mei 2013 ya..1 bulan lagi
op: kalo di semarang aja bisa ga mba?
balok: wah ga bisa pak..tapi di stasiun jogja bisa
percakapan diteruskan..kesimpulannya adalah ga semua stasiun bisa ngembaliin uang dari tiket batal ini. dan ga seharusnya gw repot plus ngabisin pulsa buat tanya-tanya no rekening..huft
orang kedua yang selanjutnya kita sebut ok
ok: mba kalo saya ambilnya di stasiun ********** bisa kan?
balok: ********** ya pak? sebentar saya cek ya..
beberapa menit kemudian..
balok: bisa pak
ok: ya udah disana aja mba
balok: sebentar ya pak saya print dulu
mempersiapkan kertas dan data yang mau di cetak, kemudian mengklik icon "print"
balok: lho kok printernya ga gerak..?mas **** (teman sesama penjaga loket) ini printernya kenapa..?
mas **** datang, mengecek, lalu bilang: ya ampun.. ini kertasnya ga di taro di ujung sini..harus diujung, nyentuh yang item ini, baru printernya mau gerak (mas **** menjelaskan seraya menekan bagian ujung printer yang tidak tersentuh oleh kertas)
kesimpulannya adalah semua stasiun kereta jarak jauh di jakarta bisa melayani pengembalian uang batal tiket, dan printernya si balok lagi bermasalah..okeh tarik napas dalem-dalem
giliran gw..
gw: mba itu diambilnya di stasiun ******* aja bisa kan?
balok: sebentar ya mba saya cek, oh bisa mba!
gw: ya udah di cirebon aja mba..
balok: sebentar saya print dulu..
gw mulai was-was..dan...
bener aja kejadian lagi..si printer ga mau gerak!
lucunya kali ini ga mau geraknya si printer ternyata karena si balok berusaha menekan bagian ujung printer yang tadi ditekan oleh si malok (mas-mas loket alias mas ****).
rupanya penjelasan beserta trial yang ditunjukan malok tadi cuma dipahami balok di bagian trial
balok: mas ini ga mau gerak lagi printernya..
malok menghampiri loket balok, melihat permasalahannya, dan menggelengkan kepala, kemudian..
malok: kan udah gw bilang kertasnya ditaro sampe ujung sini nih..nyentuh item-item ini..
malok mengatur ulang posisi kertas
malok: tuhkan bisa..
balok: maaf ya mba, jadi nanti ngambil uangnya 56 ribu tanggal 29 Mei 2013 di stasiun *******. sebentar saya print dulu datanya.
gw nunggu dengan seksama
balok: lho kok salah ngeprint sih (setengah menjerit)? duh maaf ya mba, sebentar di print lagi
gw: .....
balok: nah ini baru bener (masih setengah menjerit sambil memperhatikan hasil print). Iiiiiih kok salah lagi..mas **** gimana nih kok printernya salah ngeprint mulu..?
gw: -.-
balok: duh kertasnya udah kepake bolak balik lagi (kertas formulir yg gw isi tadi), ngeprint di kertas biasa ga apa-apa kali ya..sebentar ya mba..
gw: hmmmm...
balok: nah ini bener nih..
tiba-tiba mba-mba loket sebelah yang selanjutnya kita sebut balok-1 datang
balok-1: lho kok di printnya di kertas biasa..?
balok: udah dipake bolak balik salah terus mba, udah ga ada tempat. ga apa2 ya..?
balok-1: ya udah kertasnya di tidurin (landskape) aja print dari samping
balok: emang boleh mba? iya deh..
printer pun kembali dipekerjakan
balok: yah mba kertasnya keseret..copyannya ga kebawa tuh, malah jadi miring cetakannya..
balok-1: ya udah ga apa-apa yang di kertas biasa..
balok: ok saya print lagi (dengan tampang sedikit lega dan girang)
yang gw bingung, balok sempet bilang printnya udah bener saat print pertama kali di kertas biasa, lalu untuk apakah balok mempekerjakan print kembali sementara konsumennya masih gw..?suara hati gw keputus karena teriakan si balok
balok: duh salah lagi..ini printernya kenapa siiii....??????
balok-1: bukan printernya yang salah kali, tapi lonya..
balok: eh udah ada yg bener deh, yg tadi pertama kali di printer disini (sambil bolak balik kertas biasa yg baru beberapa detik lalu dijepit dalam printer)
gw: -______-
balok: maaf ya mba jadi lama..
gw: iya ga apa2 mba (lemes). mesen tiket disini bisa ga..?
balok: buat sekarang? atau kapan?
gw: besok
balok: di loket utara mba..
gw: oh gitu..makasih ya mba..
sambil menyeimbangkan emosi gw jalan ke loket utara..
di loket utara..
tempat penyediaan formulir reservasi penuh..
antrian di tiap loketnya bener-bener panjang..
gw mulai putus asa..
cape, haus, akhirnya gw duduk sebentar di salah satu kursi buat mikirin alternatifnya..
pandangan gw ke kunci ketika logo salah satu minimarket yang super menjamur di jakarta tertangkap oleh mata gw..
"ah pesen disana aja. mudah-mudahan bisa.."
gw masuk ke minimarket tersebut, memilih minuman yang ingin dibeli, lalu berjalan ke kasir..
"mas bisa pesen tiket kereta..?"
"bisa mba!"
dan cerita awal posting adalah cerita selanjutnya...
yeeeyyyy shrey lufun sang pejuang tiket kereta
ReplyDeletesemangat2... :D :D
mati ga tuh la..?
Deletega..gw masih idup kok..hahahaha
ajarin w bikin blog donk...
Delete