11/4/14

Dibalik Tersinggung ada Tersanjung

Assalamualaikum fil..apa kabar?

Ini cerita tentang temen-temen SD saya. cerita tiap ada acara kumpul. Akhir Ramadhan kemarin beberapa anak SD ngasih usul bikin grup di BBM dengan tujuan biar silaturahmi diantara kita ga putus dan pudar. Setelah grup ada, semua yang punya kontak temen2 SD langsung pada invite. Grup penuh awalnya, tapi akhirnya yang bertahan ga ada setengah dari jumlah siswa-siswi angkatan kita dulu.

Setelah say hello, tuker-tukeran kabar, dan janjian buka puasa bareng, tercetuslah ide buat bikin arisan. Arisan yang dikocok tiap bulan. Tujuannya masih sama, supaya silaturahmi diantara kita tetep terjaga dengan baik.

Jujur, dibanding temen-temen seangkatan yang lain, saya termasuk yang ga terlalu deket sama anak-anak SD. kenapa? saya anak pindahan. Baru pindah kelas 4 dan masuk SMP - SMA di kota lain. Rentang waktu interaksi saya sama mereka cuma 2 tahun, kalah jauh sama sebagian besar yang emang udah kenal dari TK. Plus waktu jadi anak baru saya lebih dikenal sebagai anak baru yang belagu, sombong, dan galak. Jadi kebayang kan fil berapa gelintir temen yang saya punya?

Selama SMP - SMA tiap ada reuni, saya cuma bisa ikut kumpul kalo lagi libur. Sedangkan saya libur 6 bulan sekali. Bahkan setelah lulus SMA dan saya memilih untuk kuliah di universitas yang dekat dengan rumah, saya tetep ga bisa ikut reunian. Alesannya jelas karena saya punya jam malam, dan reuni biasanya dilakukan pada malam hari. Kesimpulannya berteman sama saya tuh Big No. Anak mamih, ga gaul, dll dll

Baru beberapa tahun belakangan ini saya mulai ikut acara buka puasa bareng. Kebetulan acara arisan tercetus saat acara buka puasa tahun ini. Jadi saya ikut. Saya ditunjuk jadi bendahara. Karena mereka percaya sama saya? ga juga, masih banyak yang bisa dipercaya. Kebetulan aja temen-temen lain udah pada sibuk, cuma saya yang nganggur, jadi menurut mereka saya punya banyak waktu luang buat ingetin yang lain ttg arisan dan pembayarannya.

Oke kita skip prosesnya.
Kita lanjut ke kejadian tiap jatuh tempo kocok arisan. Setiap arisan, saya salah satu orang yang sering jadi korban bully. Bukan, bukan bully macem anak-anak ospek yang punya banyak cerita serem. Cuma bully secara verbal. Topik bully verbal yang paling sering dilontarkan ke saya ya ga jauh-jauh dari kondisi fisik. Tau kan fil saya sekarang obesitas? ga langsing seperti jaman SMP - SMA dulu. Huft...

Mari kita sebut bully verbal dengan istilah "dicengin". Setiap tiba waktunya saya dicengin, cengan tentang saya ya ga jauh-jauh dari kata "gendut". Misalnya waktu jamuan arisan. Ada saatnya saya ngerasa perut udah full, saya ga ngambil cemilan dan nyendok nasi beserta lauk seperlunya. Menurut mereka mungkin itu termasuk sedikit untuk ukuran orang gendut seperti saya, mereka kira saya jaim. Dan keluarlah kalimat "lo diet? ga usah malu-malu ambil aja sepuasnya Shri. Gw tutup mata deh biar lo bisa ambil". Ada saatnya saya bener-bener lagi laper, sambil ngobrol saya terus-terusan makan cemilan yang disediain, tanpa malu saya terus-terusan minta acara makan dipercepat. Dan keluarlah kalimat "lo ga dikasih makan kali tadi sama emak lo? laper banget kayaknya daritadi mulut ngunyah mulu, pantesan badan jadi melar". Setiap makan bareng, saya yang makannya paling lama selesai, mau isi piring full, mau isi piring minim, cara makan saya memang lambat. Dan itu juga bisa jadi bahan cengan buat mereka. Kadang lagi makan piring saya ditarik lah. Kadang udah mau selesai piring saya diisi lagi lah. Kadang ada juga yang nyeletuk "ya elah Shri, percuma makan pelan juga badan lo ga kurus-kurus". Itu semua baru 1/10 dari cengan yang saya terima setiap arisan.

Kesel? Pasti..! Saya tipe orang yang gampang tersinggung. Walaupun tau bercandaan mereka ada karena salah saya sendiri yang ga bisa menjaga bentuk tubuh, saya tetep tersinggung. Awalnya saya berusaha buat nyangkal ataupun bales ledekan mereka. Tapi lama-lama cape juga, semakin saya tanggepin semakin saya dicengin. Buang-buang tenaga. Akhirnya saya lebih memilih jurus diam, ngangguk-ngangguk sambil senyum, atau pura-pura ga denger. Lebih aman buat kesehatan hati saya..hehehehe

Tapi fil...karena tiga jurus yang baru saya terapin itu saya jadi "ngeh". Saya ngeh kalo mereka itu super perhatian sama saya. Coba deh pikirin aja, mereka mana bisa cengin porsi makan saya kalo ga tau isinya? mereka mana bisa tau isinya kalo ga liat saya dan isi piring saya? dan mereka ga akan bisa keluarin kalimat ejekan ke saya kalo mereka ga mikir setelah liat saya dan isi piring saya...

Soooooo Sweeeeetttt...

Setelah lama berkutat dalam ketersinggungan, saya bisa "ngeh" dan lama-lama tersanjung juga sama setiap ejekan yang mereka lontarkan ke saya. Seburuk apapun ejekan yang saya terima, ejekan itu ada karena beberapa detik waktu yang mereka luangin buat merhatiin saya secara khusus. Haha

GR? bisa jadi..
tapi saya juga ga akan GR kalo ga terus-terusan dijadiin bahan cengan. Cuma mengubah pola pikir dalam menghadapi setiap ejekan yang saya terima. Cuma mau kesehatan hati dan pikiran saya terjaga dengan baik. Dan cuma mau bersyukur, ada sekelompok orang yang begitu perhatian dengan saya.. Ya walaupun saya juga ga tau perhatian mereka bertujuan untuk membangun atau menjatuhkan saya.

Karena setelah terbiasa saya akhirnya merasakan dibalik rasa tersinggung ada rasa tersanjung..

No comments:

Post a Comment