10/21/14

Edisi Mellow

Hai fil..apa kabar?
Hari ini tanggal 21 Oktober 2014, hari pertama setelah pelantikan presiden RI yang baru. Presiden ke-7. Namanya Bapak Joko Widodo. Dari pagi bangun sampe sekarang saya ketik celotehan ini, berita gimana hebohnya pelantikan presiden yang akrab di sapa pak Jokowi ini ga abis-abis sampe bikin bosen.

Dari sekian banyak berita tentang Jokowi,
ada secuil berita tentang mantan presiden kita "SBY" menarik perhatian saya. Judul beritanya 5 Foto “Pamit” SBY dan Ibu Ani diInstagram. Iya emang dari sekian presiden yang di punya Indonesia, Ibu Ani adalah ibu Negara yang paling eksis di medsos. Tapi ga usah berfikiran negative dengan mengatakan beliau kurang kerjaan atau golongan anak alay. Kita berfikir positif aja, mungkin beliau eksis karena ga mau ketinggalan perkembangan zaman. Secara beliau menjadi ibu Negara di zaman "melek internet".

Balik ke secuil berita yang menarik perhatian saya. Karena saya tertarik, ya saya klik headline berita tadi. Saya liat fotonya satu-satu, mulai berkaca-kaca, sampe foto terakhir…foto punggung Pak SBY dan Ibu Ani bergandengan tangan menyusuri jalan di gunung…(bromo kayaknya). Melowlah saya..

Jadi inget obrolan bareng sepupu kemarin. Sepupu cerita, papahnya (om saya) pernah nanya ke dia “nda kamu kok ga pernah ngegandeng papah kaya teh ayu gandeng wa udi sih?” yang di panggil wa udi itu bapak saya, saya? Saya ya teh ayunya :p

Waktu denger cerita itu saya cuma nyengir dan bilang "teh ayu emang tipe gandengan nda". Iya, saya emang tipe orang gandengan (truuukk kali gandengan). Kalo lagi jalan sama orang yang punya kedekatan emosional, saya emang lebih suka jalan bergandengan. Mau itu orang tua, pacar, saudara, pokoknya orang-orang yang bener-bener punya kedeketan emosional sama saya jangan harap bisa jalan melenggang bebas, pasti saya gandeng..hahahaha

Buat saya gandengan punya arti lebih dalem dari sekedar nautin tangan saya ke orang lain ketika berjalan. Gandengan itu salah satu cara menyalurkan rasa sayang ke orang yang saya gandeng. Percaya atau engga, selalu ada perasaan hangat tiap saya menggandeng seseorang. Saat-saat itu saya ngerasa ada koneksi batin antara saya dan gandengan (tsssaaaahhh), bikin kita makin mau ngeluangin waktu buat ngedenger isi hati masing-masing, bikin kita ngerti satu sama lain, dan yang pasti bikin kita makin kompak. Mangkanya walaupun ada aja orang yang nyibir bilang saya gelayutan mulu, saya ga perduli. Mereka kan cuma melihat kulit luar, ga tau apa yang saya rasain dan apa makna dibalik itu semua...

Mangkanya saya terharu bin mellow pas liat foto gandengan antara Pak SBY dan Ibu Ani. Entah foto itu settingan atau spontan, saya tetep ngerasa ada kehangatan di dalamnya…
Ada rasa saling mengerti diantara pasangan yang udah berumah tangga sekian puluh tahun. Dari punggung Pak SBY saya melihat ketegaran, ketegaran membimbing keluarganya kembali ke tengah masyarakat, menjadi bagian dari masyarakat Indonesia. Dari punggung Ibu Ani saya melihat ketulusan, ketulusan untuk mendukung kepala keluarga membimbing keluarganya kembali ke tengah masyarakat, menjadi bagian dari masyarakat Indonesia.

Yah apapun kesan yang ditorehkan SBY selama menjabat menjadi presiden, saya mengambil pelajaran bahwa Bapak Susilo Bambang Yudoyono (SBY) merupakan pribadi yang cukup tegar dan santun dalam menghadapi berbagai tekanan dan tuntutan yang mengiringi langkahnya sebagai kepala Negara Republik Indonesia. Beliau beserta Bu Ani selalu mampu menampilkan kekompakan dan sikap saling mendukung satu sama lain, yang harusnya bisa dicontoh sama masyarakat Indonesia. Kompak, saling mendukung, dan tidak bercerai berai..*plak *apasihshri


Bagaimanapun pribadi seorang pemimpin, biasanya mereka diarak dengan berbagai pujian ketika masih menyandang status “calon”, disambut dengan berbagai kritikan dan sindiran ketika sedang menjabat, dan diiringi dengan kenangan dan ucapan terima kasih ketika lengser dari jabatan.

Terima Kasih Bapak & Ibu SBY atas rencana dan usahanya memperbaiki dan memajukan Indonesia selama 10 tahun terakhir..^^

No comments:

Post a Comment